Header image

Resensi Film “Serdadu Kumbang”

Posted by Gary in BI 9 on Thursday, March 14th, 2013 at 6:25 am
  1. Bagaimana persahabatan digambarkan di film tersebut?
  • Persahabatan di film ini digambarkan seperti barang yang sangat berharga. Persahabatan adalah benda yang sangat dibutuhkan walaupun ada orang lain, karena di film ini, waktu kudanya Ahmed diambil, orang tuanya tidak berlaku apa-apa tetapi teman-temannya mengejarkan kudanya.
  1. Bagaimana guru digambarkan di film tersebut?
  • Di film ini, guru digambarkan dalam dua cahaya. Satu, guru adalah orang-orang yang sangat berdisiplin. Kedua, guru digambarkan sebagai orang yang sangat peduli dengan murid-muridnya. Dua perspektif ini digambarkan oleh dua orang berbeda.
  1. Jelaskan latar atau setting dan tradisi yang ada di film tersebut?
  • Latar di film ini adalah tempat di Indonesia yang tidak terlalu kaya. Yang dimaksud dengan itu adalah dusun-dusun yang mengelilingi kota-kota Indonesia.
  1. Apa pesan yang ingin disampaikan melalui film tersebut?
  • Pesan yang disampaikan oleh film ini adalah untuk jangan pernah berhenti untuk mencapaikan cita-cita yang kamu ada. Juga teman-teman adalah orang-orang yang sangat penting dan akan sangat menguntungkan kehidupanmu.
  1. Mengapa anak-anak menggantungkan diatas pohon?
  • Anak-anak menggantung diatas pohon karena pohon itu adalah simbol cita-cita mereka. Waktu anak-anak tersebut menggantung diatas pohon, mereka menjadi simbol sudah mencapai cita-citanya.
  1. Menyimbolkan apakah pohon dalam film tersebut?
  • Pohon di dalam film tersebut adalah simbol cita-cita yang diadakan oleh murid-muridnya. Cita-cita ini bisa semuanya dari pekerjaan, uang atau permintaan.
  1. Adakah sindiran terhadap pihak tertentu? Jelaskan?
  • Di film ini, tidak terlalu ada sindiran. Semua pihak dilihat sebagai sama walaupun kadang-kadang teman-teman saling mengejek dan bercanda.
  1. Apakah film tersebut potret dari masyarakat Indonesia pada umumnya?
  • Tidak terlalu, film ini adalah potret Indonesia, tetapi hanya satu bagian Indonesia dimana tidak terlalu banyak orang di dalam situasi yang sama seperti film ini.
  1. Apa hubungannya antara judul dengan isi film?

Translasi judulnya adalah “Soldier Beetle” atau jadi bisa lebih dimengerti, “Prajurit Kumbang”. Ini berhubung dengan filmnya karena tokoh-tokoh di film ini tidak pernah menyerah walaupun sudah gagal.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 You can leave a response, or trackback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>