Header image

Refleksi Pertunjukan Drama

Posted by Bianca Siregar in Bahasa 10 on Saturday, March 31st, 2012 at 07:00

Dalam melakukan pementasan drama ini sudah banyak langkah-langkah yang kami lakukan. Yang pertama kami sudah membaca seluruh buku dan membuat resensi secara individual. Lalu, kami juga sudah belajar menulis naskah drama yang baik dan benar, disertakan dengan tes.
Lalu kami dibagi dalam kelompok dan dari sana kita bekerja sama untuk membuat naskah yang dibagi dslam 5 bab. Saya dan Marc merangkum bab 5 dan mengubahnya dalam formatnaskah drama . Dibantu dengan Google Docs , kami bekerja sama memastikan alur , cara penulisan, dan penokohan untuk tiap-tiap percakapan terangkup dengN baik.

Sekali peristiwa di Banten Selatan bercerita tentang keadaan masayarakat Banten yang menyedihkan. Mereka semuakekurangan bahan makanan dan hak mereka sebagai daerah yang merdeka disqlah gunakan oleh Darul Islam. juragan Musa salah satunya, ia sering kali menekan keadaan masayarakat tidak mampuseperti Ireng dan Ranta. Ranta menjadisasaran juragan Musa untuk mencuri bibit karet, sesudah itu hasilnya harus iya kembalikan kepada juragan Musa. Tak heran, keadaan kehidupan juragan Musa dan nyonya sangatlah berbeda dengan masyarakat saat itu. Mereka hidup kaya da berkecukupan,namun begitu juragan menyimpan rahasia bahwa ia adalah salah satu anggota DI. nyonya sangat kecewa akan hal ini karena dahulu orang tuanya harus kabur melarikan diri dari DI.

Keputusan Ranta untuk melawan membuat suatu perbedaan,karena keberaniaanyajuragan musa kaburdan meninggalkN tongkat dan tas nya yang berisi surat perjanjian dengan DI. Dari sinilah perjuangan Ranta,  komandan bersama masyarakat lainnya dimulai. Disini seluruh masyarakat mulai lagi membangun sifat gotong royong danpersatuan yang sudah lama hilang.

Akhirnya, juragan Musa pun tertangkap dan kebeneran terungkap. Dari sinilah seluruh masyarakat sekali lagi bahu membahu membangun daerah mereka sendiri. Semua masyarakat turut mengambil bagian, sehingga masyarakat Banten selatan kembali hidup rukun tentram dan damai.

Dalam mempersiapkan  drama secara berkelompok, menurut saya seluruh pemain dapat bekerja sama dengan baik. Walaupun pertemuan didalam kelas tidak terlalu efektif karen suasana kelas yang berisik dan tidak kondisif, kami susah untuk berkonsentrasi dalam mempersiapkan drama tersebut.

Kesulitan yang saya hadapi dalam mempersiapkan drama ini adalah dalam menentukan dan berimprovisasi dalam gaya dan aktivitas yang saya harus lakukan di atas panggung. Menurut saya, drama bisa terlihatlebih hidup dan lebih baik jika para pemain mempergunakan properti yang dapat mendukung suasana demi membangun cerita kepada penonton.

Kerjasama antar para pemain dan pemdukung bisa lebih baik dan di evaluasi, dapat dilihat dalam beberapa bagian dalam video bahwa , terlihat orang- oramg yang tidak bermain didalam bagian drama, mereka hanya duduk diam. Alhasil, suassana tidak terlihat rapih dan serius.

Di waktu kedepan , masih banyak hal-hal yang dapat kita tingkatkan.
1.  Pemilihan setting atau latar belakang dalam pementasan drama.
Warna latar belakang hijau terang yang terlihat dalam video tidak cocok akan alur dan tema cerita.

2. Pengunaan lampu sorot (lighting) agar dapat membuat fokusuntuk. Satu pemain atau satu kelompok.

3. Di waktu mendatang, bagian properti dan teknisi panggung dapat melakukan persiapan lebih dalam memnberikan latar belakang atau hiasan yang dapat membangun suasana. Drama juga lebihbaik dilakukan di atas panggung yang senenarnya ( contoh : panggg teater). Dengan menerapkan hal ini, para pemain dapat memiliki ruangan ysng lebih luas untu berimprovisasi lebih agi dalam menguasai panggung.

4. Kesiapan pemain dalam mementaskan drama juga harus ditingkatkan. Kesadaran individual dan kelompok untuk berlatih lebih sering juga efektif

5. Keberanian untuk mencoba berakting dan mengembangkan kepercayaan diri dari setiap pemain.

6. Artikulasi dan ekspresi
Ekspresi saat melakukan percakapan harus jelas dan didukung dengan bahasa tubuh

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 You can leave a response, or trackback.

3 Responses

  • Hani says:

    Bagus Bianca, kamu sangat menyadari kekurangan dari pertunjukan kamu. Mudah-mudahan dalam pertunjukan yang akan datang akan lebih baik lagi. Perhatikan juga penulisan refleksi kamu dalam hal penulisan kata-kata agar lebih teliti lagi.

  • star says:

    There’s definately a lot to know about this issue. I like all
    of the points you made.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>